Click this!!!

Postingan Terbaru


Minggu, 21 Agustus 2016

Menjaga Konsistensi dalam Menulis


Menulis adalah pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus. Pekerjaan ini hanya mampu dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keinginan yang kuat dan tetap menjaga keinginan tersebut agar tetap utuh.
Menulis membutuhkan ketekunan, kesabaran, dan konsisten. Ketika seseorang berkata bahwa ia ingin menjadi penulis, maka ketika itulah ia akan menghadapi berbagai halangan dan rintangan yang membuat ia tak dapat mewujudkan impiannya tersebut.
Perlunya konsitensi dalam diri agar dapat merealisasikan dan mewujudkan untuk dapat menjadi penulis yang profesional. Hal yang paling penting dalam menulis adalah menjaga konsistensi, artinya, ia akan terus menulis dan menulis, hingga akhirnya ia mampu untuk menulis lebih baik lagi.

Untuk mempertahankan konsistensi menulis tersebut, perlu adannya wadah yang bisa memotivasi diri untuk tetap menulis dalam keadaan bagaimanapun. Melalui wadah itulah, seseorang akan menemukan jati dirinya dalam menulis dan memberikan motivasi yang besar untuk tetap menulis.
Forum Lingkar Pena (FLP) Sumatera Barat adalah sebuah wadah (baca: komunitas) menulis yang menampung para calon penulis baru yang ingin mengembangkan dirinya dalam mewujudkan impiannya menjadi penulis. FLP dengan berbagai agenda yang dilakukannya, baik jangka pendek maupun jangka panjang, seperti, diskusi mingguan, pelatihan menulis, seminar, sosialisasi, dan berkontribusi di berbagai media lokal maupun nasional.
Seperti terlihat pada minggu ini (22/8), FLP mengadakan diskusi menulis di lapangan terbuka Imam Bonjol Padang. Agenda ini dibuka untuk umum yang ingin bergabung, berdisukusi, dan berbagi pengalaman dalam menulis.
Minggu ini acara diskusi dihadiri oleh FLPers yang baru bergabung di FLP Sumbar, setelah mengikuti Open Rekrutmen tahap I yang diadakan pada awal Agustus kemarin.
Setelah mengikuti agenda OR, para anggota baru dikumpulkan kembali untuk diberikan suntikan motivasi menulis dari para senior FLP yang sudah memiliki pengalaman yang cukup dalam dunia kepenulisan.
Adapun tema diskusi yang FLPers adakan minggu ini adalah tentang motivasi menulis dan menjaga konsistensi menulis. Motivasi sangat diperlukan dalam menulis. Karena dengan adanya motivasi itulah seseorang dapat terus melakukan dan menjalankan apa yang dicita-citakannya.

Dengan adanya motivasi tersebut, seorang penulis dapat menjaga konsistensinya dalam menulis. Banyak orang yang dulunya ingin menjadi penulis, namun karena motivasinya lemah dan tak dapat menjaga konsistensi dalam dirinya, maka impiannya pupus begitu saja. Ia merasa pesimis dan merasa tak dapat menulis dengan baik. Untuk itulah perlunya ditanamkan motivasi yang kuat dalam diri penulis untuk terus maju dan menjadikanna sebagai penulis profesional.(rival)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. FLP Sumbar: Menjaga Konsistensi dalam Menulis . All Rights Reserved
Template modify by Creating Website. Remodified by Aini